04 August 2016

Pelantikan Panitia Pengawas Kecamatan Se-Kota Yogyakarta “Berani Awasi, Berani Laporkan”





(Yogyakarta, 29 Juli 2016) Dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta Tahun 2017 Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas) Kota Yogyakarta akan mengadakan Acara Pelantikan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Se Kota Yogyakarta.
Proses perekrutan Panwascam berjalan bebas dari intervensi. Panwascam Se-Kota Yogyakarta sebanyak 70% diisi oleh wajah-wajah baru dengan keterwakilan perempuan sebanyak 30%. Dan di kecamatan Wirobrajan ketiga orang Panwascam merupakan perempuan.
Setelah melalui proses seleksi pembentukan Panwascam yang dilaksanakan secara bertahap mulai dari seleksi administrasi, seleksi tertulis dan tes wawancara maka Panwascam terpilih akan dilantik pada tanggal 1 Agustus 2016 jam 07.30 WIB – selesai dan bertempat di Museum Benteng Vredeburg Jl. Ahmad Yani No.6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta.
Acara pelantikan yang mengusung tema, “Berani Awasi, Berani Laporkan“ ini rencananya juga akan dihadiri Walikota Kota Yogyakarta, Setda Kota Yogyakarta, DPRD Kota Yogyakarta, Kejaksaan Kota Yogyakarta, Pengadilan Kota Yogyakarta,   Kapolresta Kota Yogyakarta, KPU Kota Yogyakarta, Bawaslu DIY, Camat dari 14 Kecamatan Se-Kota Yogyakarta, dan undangan lainnya
Setelah acara pelantikan Panwascam akan melakukan kegiatan sosialisasi di tiga titik yaitu di Benteng Vredeburg, Kantor Pos Besar danPerempatan Gondomanan. Sosialisasi akan diisi dengan kegiatan edukasi mengenai pengawasan kepada masyarakat Kota Yogyakarta dan Pembagian stiker. Kami yakin dalam proses ini  masyarakat bisa lebih mengenal para pengawas di tingkat kecamatan dan tahu kemana mereka harus melaporkan jika menemukan dugaan pelanggaran pada tahapan Pilwali Kota Yogyakarta tahun 2017.
Selanjutnya Panwascam Se-Kota Yogyakarta dapat segera melakukan tugas-tugas pengawasan terhadap Tahapan Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Yogyakarta 2017 yang sudah berjalan dengan tetap menjunjung asas Mandiri, Jujur, Adil, Kepastian hukum, Tertib, Kepentingan Umum, Keterbukaan, Proporsionalitas, Profesionalitas, Akuntabilitas, Efisiensi, dan Efektifitas.
Panwascam terpilih nantinya harus segera berkoordinasi dengan stakeholder di wilayah kerja masing-masing guna penataan kelembagaan untuk persiapan pembentukan Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) yang akan membantu tugas PANWASCAM. PPL akan membantu Panwascam dalam pengawasan di tingkat kecamatan.


No comments:

Post a Comment