27 July 2016

RESHUFFLE KABINET JILID 2 ,JOKOWI HARAPKAN MENTERI BARU SELESAIKAN “PR” PERSAINGAN GLOBAL DAN PERBAIKAN EKONOMI

Pelantikan jajaran  menteri baru dilakukan di istana presiden siang kemarin. jokowi berusaha semaksimal mungkin agar kabinet bekerja lebih cepat, efektif, dan solid. untuk itu, jokowi mengganti sejumlah menteri di kabinet kerja. diantara menteri terpilih muncul nama baru prof.dr muhadjir effendy.  pria kelahiran madiun, 29 juli 1956, meraih gelar sarjana di ikip malang pada 1982. setelah itu, sosiolog yang ahli di bidang militer dan intelektual muslim ini, melanjutkan pendidikannya ke jenjang magister, di universitas gadjah mada, dengan mengambil jurusan administrasi publik dan tamat pada 1996. ayah tiga anak tersebut terus semangat belajar dan meraih gelar doktornya dari universitas airlangga. sejak 2015, muhadjir menjadi ketua pimpinan pusat muhammadiyah periode 2015 hingga 2020. suami dari suryan widati, dipercaya presiden jokowi untuk menggantikan anies bawesdan, sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan atau mendikbud. dr. Muhajir effendy memiliki kualifikasi mumpuni dalam bidang pendidikan. di antara buktinya, beliau pernah menjabat sebagai rektor umm beberapa periode, serta menjadi ketua pp muhammadiyah dalam bidang pendidikan, kebudayaan, dan litbang. dalam tugas sebagai ketua pimpinan pusat muhammadiyah, beliau membawahi lebih dari 170 perguruan tinggi muhammadiyah, dan ribuan sekolah dasar dan menengah, yang tersebar di seantero wilayah di indonesia.hal tersebut kian membuktikan kepiawaian muhajir effendy menangani dunia pendidikan.
Hal menarik lainnya dalam reshuffle kabinet jilid 2 ini, adalah kembalinya mantan menteri keuangan sri mulyani indrawati ke kabinet. sri mulyani kini kembali ke indonesia setelah berkiprah di dunia internasional, dengan menjadi direktur pelaksana bank dunia. mantan menteri keuangan era pemerintahan susilo bambang yudhoyono ini, kembali mendapat mandat menjadi menteri keungan menggantikan bambang brodjonegoro. karir sri mulyani di kancah internasional diakui dunia. managing director dan chief operating bank dunia ini, menjadi satu-satunya orang indonesia yang masuk dalam jajaran perempuan paling berpengaruh di dunia, atau power women 2016, versi majalah forbes. dalam prestasi ini, sri mulyani mendapat peringkat ke-37.
Jabatan lain yang turut serta dalam reshuffle kabinet jilid 2 ini, ialah menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi, atau menpan-rb. posisi  politikus hanura yuddy chrisnandi, digantikan oleh wakil ketua partai amanat nasional asman abnur. putra asal minangkabau ini, berlatar belakang pengusaha. asman memulai kariernya di bidang politik dengan menduduki kursi dprd kota batam periode 1999-2004. pada 2004, ia menjadi anggota dpr ri dari fraksi pan.
Sepuluh jabatan lain yang juga ikut di re shuffle yakni, menkopolhukam,menteri desa,pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi, menteri perhubungan, menteri perdagangan, menteri perindustrian, menteri esdm, menteri kemaritiman, menteri agraria dan tataruang, menteri perencenaan pembangunan nasional, dan kepala badan koordinasi penanaman modal. kabinet kerja jokowi baru ini, diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan kualitas menteri sebelumnya. jokowi menyampaikan, bahwa pergeseran yang kedua kalinya di tubuh kabinet kerja ini sebagai respon tuntutat global yang dihadapi indonesia.


No comments:

Post a Comment