16 September 2016

LESTARIKAN BUDAYA LOKAL, PWM DIY GELAR OLIMPIADE BUDAYA JAWA

Guna menangkal budaya asing dan mempertahankan budaya lokal, pimpinan wilayah muhammadiyah daerah istimewa yogyakarta, menggelar olimpiade budaya jawa.
Dalam hal ini Majelis pendidikan dasar dan menengah pimpinan wilayah muhammadiyah daerah istimewa yogyakarta, akan menyelenggarakan olimpiade budaya jawa di yogyakarta pada 19 hingga 22 september 2016. Kegiatan ini sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan budaya jawa yang sarat dengan nilai-nilai luhur. olimpiade budaya jawa ini didukung penuh oleh lembaga seni budaya dan olahraga pwm diy serta badan koordinasi sekolah dan madrasah muhammadiyah se daerah istimewa yogyakarta. sekolah dan madrasah sebagai amal usaha pendidikan muhammadiyah di DIY yang menjadi peserta olimpiade budaya jawa, didorong untuk terus mengenalkan, melestarikan, dan mengembangkan kebudayaan jawa.
Hal itu,  seiring dengan tujuan pendidikan kewarganegaraan yakni, menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, bersikap, dan berperilaku cinta tanah air bersendikan kebudayaan bangsa.

Berbagai lomba budaya dalam olimpiade budaya jawa kali ini di antaranya, cerdas cermat budaya jawa, macapat, geguritan, karawitan, dagelan mataram, tari jawa, serta berbagai  dolanan tradisional. 

No comments:

Post a Comment