02 September 2016

IMPELEMENTASI RUMAH SAKIT SIAGA BENCANA

Muhammadiyah disaster management center atau MDMC menggelar seminar dan lokakarya nasional bertajuk paradigma  baru implementasi rumah sakit siaga bencana di indonesia. seminar yang dibuka secara resmi oleh ketua mpr, zulkifli hasan ini, menjabarkan kajian standar dan landasan, dan praktik terbaik program rumah sakit siaga bencana di indonesia.
Seminar dan lokakarya nasional MDMC ini dihadiri ketua MPR zulkifli hasan yang juga sekaligus menjadi keynote speecher dan membuka kegiatan secara resmi. selain itu, hadir ketua komisi delapan ali taher, dan ketua pimpinan pusat muhammadiyah, hajriyanto y tohari.
Paradigma baru yang ditawarkan dalam seminar meliputi penerapan prinsip-prinsip pengurangan resiko bencana secara komprehensif baik dari sisi kebijakan, fasilitas, dokumen, hingga kompetensi sumber daya manusia di rumah sakit.
Ketua umum MPR RI  zulkifli hasan, menjelaskan, kesiapsiagaan jelas sangat diprioitaskan bukan hanya dibutuhkan pada saat bencana alam terjadi. visi misi bangsa tangguh bencana akan bekerjasama para pihak pemangku kepentingan dibidang kesehatan dan bencana, seperti kementerian kesehatan, BNPB dan MDMC.
Hajriyanto y tohari, ketua pimpinan pusat muhammadiyah juga memberikan dukungan pada program rumahs sakit dan komunitas siaga bencana. MDMC sudah melakukan pelatihan kesiapsiagaan di berbagai rumah sakit di indonesia khususnya rumah sakit muhammadiyah, dengan modul yang telah disiapkan.

Kegiatan yang bekerjasama dengan kedutaan australia ini, diharapkan mendapatkan amsukan dari para profesional maupun narasumber bagi penyelenggaraan program sejenis, termasuk pelaksanaan program rumah sakit dan komunitas siaga bencana ini.

No comments:

Post a Comment