07 February 2016

Masjid Gede Mataram, Masjid Tertua Di Kotagede Yogyakarta



Masjid Gede Mataram Adalah Masjid Tertua Di Kotagede Yogyakarta . Selain Untuk Beribadah Kalian Juga Bisa Menikmati Wisata Yang Berada Didalamnya , Yaitu Makam Raja-Raja Mataram . Masjid Ini Juga Merupakan Peninggalan Mataram  Yang Masih Dipakai Sebagaimana Fungsinya . 

Masjid Gede Mataram Konon Adalah Masjid Tertua Di Yogyakarta . Masjid Ini Berlokasi  Di Selatan Kawasan Pasar Kotagede , Tepatnya Di Kelurahan Jagalan , Kecamatan Banguntapan Bantul . Masjid Gede Mataram Di Bangun Oleh Kanjeng Penembahan Senopati Pada Tahun 1987 . Arti Dari Mataram Itu Sendiri Adalah Tanah Yang Sejuk . 

Gapura Depan Masjid Berbeda Pada Masjid Umumnya , Karena Gapura Tersebut Mempunyai Tempat Peribadahan Umat Hindu Atau Budha. Jadi Tidak Heran Jika Bangunan Masjid Gede Mataram Ini Sangat Unik . Keindahan  Bangunan Masjid Gede Mataram  Yang  Berbentuk Limas Dapat Kalian  Lihat Dari Atapnya.  Dan Di Dalamnya Terbagi  Menjadi Dua Ruangan Yaitu Inti Dan Serambi . Saat Kalian Masuk Ke Dalam Masjid Gede Mataram Terdapat Salah Satu Keunikan Dari Masjid Tertua , Yaitu Pohon Sawo Sebanyak Tujuh Belas Pohon  Yang Mengartikan Jumlah Rakaat Shalat Wajib Bagi Umat Muslim . 

Di Dalam Masjid Juga Terdapat Sebuah Mimbar Yang Dipakai Untuk Khotbah Yang Terbuat  Dari Kayu Ukir Yang Merupakan Hadiah Dari Sultan Palembang .  Di Serambi Masjid Terdapat Pula Sebuah Kotak Amal Berbentuk Lucu Atau Replika Masjid . Dan Sebelah Kiri Bangunan Masjid Terdapat Jalan Masuk Menuju Makam . Tak Cukup Hanya Melihat Keindahannya , Anda Pun Dapat Merasakan Sejarah Masjid Gede Mataram  , Serta Berziarah Ke Makam Raja-Raja Mataram .

Untuk  Pengunjung Yang Akan Mengunjungi Masjid Gede Mataram Tidak Dipungut Biyaya, Karena Tempat Ini Merupakan Tempat Beribadah Bukan Tempat Untuk Wisata .

No comments:

Post a Comment