17 September 2016

MAKNA LAMBANG MUHAMMADIYAH

Matahari adalah merupakan salah satu benda langit ciptaan Allah SWT. dalam sistem tatasurya matahari menempati posisi sentral (heliosentris) yaitu menjadi titik pusat dari semua planet planet lain.
matahari merupakan benda langit yang dari dirinya sendiri memiliki kekuatan memancarkan sinar panas yang sangat berguna bagi kehidupan biologis semua makhluk hidup yang ada di bumi. dan tanpa panas matahari bumi akan membeku dan gelap gulita ,sehingga semua makhluk hidup tidak mungkin dapat meneruskan kehidupannya.
muhammadiyah menggambarkan jati diri, gerak serta manfaat sebagai mana matahari. jika matahari menjadi penyebab lahiriyah berlangsungnya kehidupan secara biologis bagi seluruh makhluk hidup yang ada dibumi, maka muhammadiyah akan menjadi penyebab lahirnya , berlangsungnya kehidupan secara spiritual, rohaniah bagi semua orang yang mau menerima pancaran sinarnya yang berupa ajaran agama islam sebagaimana yang termuat dalam alqur'an dan as sunah. Ajaran islam yang haq dan lagi sempurna itu seluruhnya berintikan pada dua kalimat syahadat. kehidupan ruhaniyah karena sinar dua kalimat syahadat itulah digambarkan didalam surat al-anfal 24 : "wahai orang orang yang beriman ! penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul . apabaila rasul menyeru kalian kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kalian".
dua belas sinar matahari yang memancar keseluruh penjuru mengibaratkan tekad dan semangat warga muhammadiyah dalam memperjuangkan islam ditengah tengah masyarakat bangsa indonesia sebagai tekad dan semangat pantang mundur dan menyerah dari kaum hawary, yaitu sahabat nabi isa as yang jumlahnya dua belas orang. karena tekad dan semangatnya telah teruji secara meyakinkan, maka Allah pun berkenan mengabadikan dalam salah satu surat  as-shaf ayat 14: "hai sekalian orang yang beriman jadikanlah kalian penolong penolong agama Allah sebagai mana ucapan isa putra maryam kepada kaum hawary: siapa yang bersedia menolongku (semata mata untuk menegakan agama Allah), lalu segolongan bani israi beriman dan segolongan yang lain kafir : maka kami berikan kekuatan kepada orang orang yang beriman terhadap musuh musuh mereka maka jadilah mereka orang orang yang menang".
warna putih pada seluruh gambar matahari melambangkan kesucian dan keikhlasan. muhammadiyah dalam berjuang untuk menegakkan dan menjunjung tinggi agama islam tidak ada motif lain kecuali semata mata mengharapkan keridoan Allah SWT. keikhlasan yang menjadi inti(nucleus)-ajaran ihsan sebagai mana yang diajarkan rasullulah saw benar benar dijadikan jiwa dan ruh perjuangan muhammadiyah dan yang sejak awal kelahiran muhammadiyah sudah ditanamkan oleh KH Ahmad Dahlan. sebab telah diyakini secara sungguh sungguh bahwa setiap perjuanganyang didasari oleh iman dan ikhlas maka kekuatan apapun tidak akan mampu mematahkannya.
warna hijau yang menjadi warna dasar melambangkan kedamaian dan kesejahteraan. muhammadiyah berjuang ditengah tengah masyrakat bangsa indonesia dalam rangka merealisasikan ajaran agama islam yang penuh dengan kedamaian , selamat dan sejahtera bagi umat manusia (al- anbiya' : 107)


No comments:

Post a Comment